Mengenal Lebih Dalam Suku Mentawai

Indonesia dengan berbagai macam suku yang ada memang menarik untuk diulas, namun ada salah satu suku yang paling menarik perhatian dan merupakan suku paling tertua di Indonesia, tahukah kamu? yaps Suku Mentawai di Sumatera Barat merupakan suku tertua yang ada di Indonesia yang mungkin masih ada sampai saat ini.

Mentawai adalah gugusan pulau yang berada di Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai mencakup pulau-pulau besar berikut:

Siberia
Sipura
Pagai Utara
Pagai Selatan
Sibigau

Kepulauan Mentawai terkenal dengan ombak kelas dunianya. Peselancar berpengalaman dari seluruh dunia telah lama berdatangan ke pulau-pulau ini untuk mencari ombak legendaris. Tapi itu juga merupakan tujuan yang memiliki daya tarik besar untuk semua jenis pelancong, terutama bagi mereka yang ingin bertemu dengan suku-suku pemburu-pengumpul yang bertato di pulau-pulau. Pantai-pantainya yang masih alami juga spektakuler dan indah seperti yang dapat Anda Slot temukan di sudut-sudut lain Sumatera.

Meski hanya berjarak 150 km dari daratan, Kepulauan Mentawai dan masyarakatnya tetap terisolasi hingga abad ke-19 akibat angin kencang, arus yang tak terduga, dan terumbu karang yang tajam.

Dipercaya bahwa kepulauan yang terpisah dari Sumatera sekitar 500.000 tahun yang lalu, menghasilkan flora dan fauna yang unik, yang menempatkan Mentawai di sebelah Madagaskar, dalam hal populasi primata endemik. Pulau Siberut adalah rumah bagi beragam keanekaragaman hayati yang membuatnya ditetapkan sebagai cagar alam biosfer oleh UNESCO.

Dari saat pertama Anda melihat pantai karang, hutan hujan, dan mendengarkan owa hitam nakal bermain di pepohonan, Anda akan sulit untuk tidak jatuh cinta dengan tempat ini.

Langsung saja, lalu dimana suku mentawai nya?

Mengenal Lebih Dalam Suku Mentawai

 

Di mana suku Mentawai tinggal?

Orang Mentawai tinggal di sekitar pulau Siberut, sekitar desawisatatukak.com 160 kilometer dari Padang, ibu kota Sumatera bagian barat. Siberut termasuk ke dalam kepulauan Kepulauan Mentawai. Dari Siberut, perlu perjalanan dengan sampan untuk dapat mengunjungi berbagai desa suku Mentawai.

Suku Mentawai menjalani gaya hidup seminodik di lingkungan pesisir dan hutan di pulau-pulau tersebut. Penduduk Mentawai diperkirakan sekitar 64.000 anggota.

Kepercayaan dan Agama Suku Mentawai Sumatera

Orang Mentawai adalah penganut animisme, satu-satunya di Sumatera. Mereka percaya bahwa segala sesuatu di alam memiliki esensi spiritual, dan hidup dalam harmoni dan kedamaian dengan alam di sekitar mereka.

Agama Suku Mentawai : Arat Sabulungan

Keyakinan ini merupakan salah satu pilar fundamental dari agama leluhurnya yang dikenal dengan Arat Sabulungan. Agama ini dicirikan oleh sistem kepercayaan budaya yang kompleks yang memuliakan roh nenek moyangnya, bumi, langit, laut, sungai, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam batin.

Pakaian Mentawai

Orang Mentawai sangat rendah hati dan berpenampilan sederhana, dimana pria Mentawai hanya memakai cawat yang terbuat dari kulit pohon karet, sedangkan wanita hanya memakai rok sederhana yang terbuat dari daun lontar atau pisang.

Tattoos

For the people of Mentawai, Tribal tattoos are not only because of the beauty of the body, but also as a symbol showing the position each member of the tribe occupies. There are around 160 tattoo motifs in Siberut. Each Mentawai person can carry dozens of tattoos all over their bodies. The tattoo process is done by Sipatit, must be a man and cannot be performed by a woman.