Mengenal Suku Jawa Lebih Dekat

Apakah kalian tahu bahwa suku Jawa adalah suku dengan populasi terbanyak di Indonesia? dengan jumlah sekitar 40,22% dari populasi manusia di nusantara. Suku yang memiliki banyak keunikan di bidang budaya, bahasa, dan kuliner khasnya ini terkenal dengan sifat dan tutur katanya yang halus. Tidak hanya bertempat tinggal di Pulau Jawa, suku jawa juga tersebar di berbagai pelosok di Indonesia.

Dalam berbagai segmen memang suku jawa dibilang sudah maju. Hal ini dapat dibuktikan karena adanya peninggalan kerajaan-kerajaan besar yang berada di tanah Jawa, dan masih dapat dilihat hingga kini. Misalnua Candi Borobudur, Prambanan, Mendut, Singosari, dan sebagainya.

Mengenal Suku Jawa Lebih Dekat

Faktanya suku jawa memang banyak tersebar di Indonesia, Tetapi masih banyak yang belum tahu tentang asal usul dan kebudayaannya bagaimana. Apakah suku Jawa berasal dari nenek moyang asli pribumi? Atau mereka berasal dari pendatang? Berikut ialah beberapa teori yang menjelaskan asal usulĀ  dan budaya suku Jawa.

 

Menurut arkeolog

Eugene Dubois, seorang ahli anatomi yang berasal dari Belanda menemukan sebuah fosil manusia purba Homo erectus. Fosil ini ditemukan di Trinil pada tahun 1891. Pasca penemuan ini, dilakukan perbandingan antara DNA situs slot gacor terpercaya tersebut dengan suku Jawa di masa kini.

Wayang Kulit

Siapa disini yang tahu tentang wayang kulit? ya wayang kuliat adalah salah satu icon tentang suku Jawa Pertunjukan wayang kulit dilakukan selama semalam suntuk, wayang kulit juga dimainkan dengan cerita khas suku jawa seperti Mahabharata atau Ramayana.

Sebagai pelengkap pertunjukan wayang kulit dimainkan oleh dalang dan diiringi dengan musik gamelan khas jawa serta nyanyian dari sinden ditambah dengan lampu sorot. Wayang kulit juga dipercaya sebagai ciptaan dan disebarluaskan oleh Wali Songo. Wali Songo adalah tokoh ulama yang menyebar Islam di pulau Jawa. Wali Songo memerlukan media dakwah yang dapat menjangkau seluruh kalangan.

Budaya Kejawen

Budaya kejawen merupakan budaya yang cukup terkenal, orang orang jawa biasanya melakukan budaya ini dengan para keluarga dan para kerabat dekat dengan melekat pada suku Jawa.Budaya Kejawen ini mengajarkan tentang gabungan dari adat-istiadat budaya, pandangan sosial dan filosofis orang Jawa.
Ajaran Kejawen hampir mirip seperti agama yang mengajarkan sterilitas masyarakat Jawa kepada penciptanya.